UNTUK MENGETAHUI POTENSI USAHA, KKN-T KELOMPOK 7 UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG MENGUNJUNGI PABRIK USAHA PLASTIK DESA NGASEM

  • Aug 03, 2022
  • NGASEM.NGAJUM

MALANG_ Salah satu bentuk proker yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Unira malang, kelompok 7 yaitu dengan membantu melakukan pengembangan usaha unit plastik yang ada di desa ngasem. pada tanggal 08 juli 2022 mahasiswa KKN-T Unira Malang melakukan kunjungan ke pabriknya sebagai upaya untuk menggali informasi mengenai potensi dari usaha tersebut. Kunjungan ini juga bertujuan untuk memperlancar program kerja yang akan dilakukan nantinya oleh mahasiswa KKN-T.

Dalam kunjungan yang dilakukan ini, Pak Roni selaku salah satu yang mengelola usaha tersebut mengatakan bahwa “Untuk sekali pembuatannya, biasanya plastik yang di perlukan sebanyak satu sampai satu setengah ton. Usaha plastik ini memproduksi salah satunya seperti celengan yang terdiri dari berbagai bentuk, dan rencananya pembuatan bola kecil untuk permainan mandi bola di perkirakan akan dimulai satu minggu kedepan” jelasnya.

 

Tidak hanya sampai disitu beliau juga mengatakan bahwa "ada beberapa kendala yang di hadapi dalam usaha unit plastik ini meliputi 3 hal diantaranya yaitu yang pertama kekurangan bahan baku, kekurangan karyawan dan yang terakhir pendistribusian yang kurang optimal pada penjualan produk" ujarnya.

Untuk mengupayakan mengatasi permasalahan tersebut kelompok 7 KKN-T Unira memberikan beberapa solusi yang diantaranya bernegosiasi dengan pengepul lain atau suplayer bahan baku untuk mendapatkan harga yang terbaik,  penambahan karyawan yang di imbangi dengan permintaan yang semakin tinggi dan memperluas jaringan pendistribusian produk secara online dan ofline.